1. Gaya Belajar Tipe Visual
a. Fisiologi
· Melihat informasi dengan melihat ke atas (gerakan bola mata keatas)
· Pandangan muka ke atas
· Tangan bergerak di atas dada
· Nada suara tinggi
b. Karakteristik
· Kata-kata yang sering dipakai : melihat, membayangkan, gambaran, dll
· Teratur, memperhatikan segala sesuatu, memperhatikan penampilan
· Saat komunikasi senang menatap wajah lawan bicara
· Memperhatikan gerak-gerik lawan bicara
· Bicara cepat, kurang suka jadi pendengar
· Kebanyakan lupa nama orang yang dikenal, tapi ingat wajahnya
· Berpenampilan bersih dan rapi
c. Strategi Mengajar
· Menggunakan warna (tidak hanya hitam)
· Gunakan ekspresi wajah dan tubuh
· Sering gunakan gambar-gambar
· Menjelaskan dengan mencoret-coret
· Menggunakan kata kerja (predikat)visual
2. Gaya Belajar Tipe Auditori
a. Fisiologi
· Gerakan bola mata sejajar telinga
· Suara jelas, punya ritme, teratur
· Bicara sedikit lambat dibanding tipe visual
· Pandangan muka ke depan
b. Karakteristik
· Peka dengan suara
· Perhatian mudah terpecah
· Belajar dengan mendengarkan
· Membaca teks/menghafal dengan suara keras
· Kata kata yang sering dipakai : mendengar, lirih, melengking, kedengarannya
· Biasanya kurang memperhatikan lawan bicara, hanya fokus pada suara lawan bicara
· Pendengar yang baik
· Kebanyakan melupakan wajah orang yang ditemui, tapi hafal namanya
c. Strategi Mengajar
· Suara harusjelas
· Mainkan intonasi dalam berbicara
· Menggunakan pengulangan kata, minta anak menyebut kembali yang sudah dijelaskan
· Sesi tanya jawab, diskusi
3. Gaya Belajar Tipe Kinestetik
a. Fisiologi
· Gerakan bola mata ke arah bawah
· Suara cenderung berat
· Banyak gerak
· Tubuh cenderung menunduk
b. Karakteristik
· Menyentuh orang yang berdiri berdekatan
· Menunjuk tulisan saat membaca
· Saat belajar sering menggunakan gerakan, misal : tangan menunjuk-nunjuk, bermain bolpoin
· Kata-kata yang sering dipakai : rasanya, keras, lembut,dll
· Ketika berkomunikasi biasanya senang melakukan gerakan
c. Strategi Mengajar
· Melibatkan fisik/gerakan
· Menggunakan alat bantu / permainan
· Membuat simulasi / praktek
· Bermain peran
· Menghargai anak yang melakukan gerakan