Gaya Belajar / Mengaji santri dalam menerima ilmu

0

1.    Gaya Belajar Tipe Visual
a.     Fisiologi
·  Melihat informasi dengan melihat ke atas (gerakan bola mata keatas)
·  Pandangan muka ke atas
·  Tangan bergerak di atas dada
·  Nada suara tinggi
b.    Karakteristik
·  Kata-kata yang sering dipakai : melihat, membayangkan, gambaran, dll
·  Teratur, memperhatikan segala sesuatu, memperhatikan penampilan
·  Saat komunikasi senang menatap wajah lawan bicara
·  Memperhatikan gerak-gerik lawan bicara
·  Bicara cepat, kurang suka jadi pendengar
·  Kebanyakan lupa nama orang yang dikenal, tapi ingat wajahnya
·  Berpenampilan bersih dan rapi
c.     Strategi Mengajar
·  Menggunakan warna (tidak hanya hitam)
·  Gunakan ekspresi wajah dan tubuh
·  Sering gunakan gambar-gambar
·  Menjelaskan dengan mencoret-coret
·  Menggunakan kata kerja (predikat)visual
2.    Gaya Belajar Tipe Auditori
a.     Fisiologi
·  Gerakan bola mata sejajar telinga
·  Suara jelas, punya ritme, teratur
·  Bicara sedikit lambat dibanding tipe visual
·  Pandangan muka ke depan
b.    Karakteristik
·  Peka dengan suara
·  Perhatian mudah terpecah
·  Belajar dengan mendengarkan
·  Membaca teks/menghafal dengan suara keras
·  Kata kata yang sering dipakai : mendengar, lirih, melengking, kedengarannya
·  Biasanya kurang memperhatikan lawan bicara, hanya fokus pada suara lawan bicara
·  Pendengar yang baik
·  Kebanyakan melupakan wajah orang yang ditemui, tapi hafal namanya
c.     Strategi Mengajar
·  Suara harusjelas
·  Mainkan intonasi dalam berbicara
·  Menggunakan pengulangan kata, minta anak menyebut kembali yang sudah dijelaskan
·  Sesi tanya jawab, diskusi
3.    Gaya Belajar Tipe Kinestetik
a.     Fisiologi
·  Gerakan bola mata ke arah bawah
·  Suara cenderung berat
·  Banyak gerak
·  Tubuh cenderung menunduk
b.    Karakteristik
·  Menyentuh orang yang berdiri berdekatan
·  Menunjuk tulisan saat membaca
·  Saat belajar sering menggunakan gerakan, misal : tangan menunjuk-nunjuk, bermain bolpoin
·  Kata-kata yang sering dipakai : rasanya, keras, lembut,dll
·  Ketika berkomunikasi biasanya senang melakukan gerakan
c.     Strategi Mengajar
·  Melibatkan fisik/gerakan
·  Menggunakan alat bantu / permainan
·  Membuat simulasi / praktek
·  Bermain peran

·  Menghargai anak yang melakukan gerakan
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: